Dipole antena

- Ikhtisar, ringkasan, tutorial tentang dasar-dasar antena dipol atau udara dipol yang banyak digunakan sendiri dan sebagai dasar untuk desain antena RF lainnya.


Tutorial antena dipole meliputi:
    •   Dipole antena
    •   perhitungan panjang Dipole
    •   impedansi umpan Dipole
    •   antena dipol Dilipat
Antena dipol atau udara dipol adalah salah satu jenis yang paling penting dan umum digunakan antena RF. Hal ini banyak digunakan sendiri, dan itu juga dimasukkan ke dalam banyak desain antena RF lainnya di mana ia membentuk memancar atau elemen didorong untuk antena.
Dipole adalah antena sederhana untuk membangun dan menggunakan, dan banyak dari perhitungan cukup mudah. Namun seperti semua antena lainnya, mendalam perhitungan yang jauh lebih rumit.

Dipole antena dasar-dasar

Seperti namanya antena dipole terdiri dari dua terminal atau "kutub" dimana arus frekuensi radio saat ini. Arus ini dan penyebab tegangan terkait dan sinyal elektromagnetik atau radio yang akan terpancar. Menjadi lebih spesifik, sebuah dipol umumnya dianggap sebagai antena yang terdiri dari panjang resonansi memotong konduktor untuk memungkinkannya untuk dihubungkan ke feeder. Untuk resonansi konduktor adalah ganjil panjang gelombang setengah panjang. Dalam kebanyakan kasus setengah panjang gelombang tunggal digunakan, meskipun tiga, lima,. antena panjang gelombang sama-sama valid.

Dasar antena setengah gelombang dipol


Gelombang dasar antena dipole setengah

Distribusi sepanjang dipol secara kasar sinusoidal. Jatuh ke nol pada akhir dan adalah maksimum di tengah. Sebaliknya tegangan rendah di tengah dan naik ke maksimum pada ujungnya. Hal ini umumnya makan di pusat, pada titik di mana saat ini adalah maksimum dan tegangan minimum. Ini memberikan pakan titik impedansi rendah yang nyaman untuk menangani. Tinggi titik pakan tegangan jauh lebih nyaman dan lebih sulit untuk digunakan.
Ketika dipol setengah beberapa panjang gelombang yang digunakan, mereka sama-sama biasanya makan di tengah. Di sini sekali lagi tegangan minimal dan arus pada maksimal.Secara teoritis salah satu node maksimum saat ini dapat digunakan.

Tiga setengah panjang gelombang dipol gelombang antena


Tiga setengah panjang gelombang dipol gelombang antena


Dipole polar diagram

Diagram polar dari antena dipole setengah gelombang yang arah sensitivitas maksimum atau radiasi pada sudut kanan terhadap sumbu antena RF. Radiasi jatuh ke nol di sepanjang sumbu antena RF seperti yang diharapkan.

Polar diagram dari antena dipole setengah gelombang dalam ruang bebas


Polar diagram dari setengah gelombang dipol dalam ruang bebas

Jika panjang antena dipol diubah, maka pola radiasi diubah. Sebagai panjang antena ini diperpanjang dapat dilihat bahwa sosok akrab delapan perubahan pola untuk memberikan lobus utama dan lobus samping. Lobus utama bergerak secara progresif ke arah sumbu antena dengan meningkatnya panjang.
Antena dipole adalah bentuk yang sangat penting dari antena RF yang sangat banyak digunakan untuk transmisi radio dan menerima aplikasi. Dipol sering digunakan sendiri sebagai antena RF, tetapi juga membentuk elemen penting dalam banyak jenis antena RF. Karena itu adalah mungkin bentuk paling penting dari RF antena.